DATA
PEMINATAN
PESERTA DIDIK KELAS
X
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Oleh:
HM. Fauzan, M.Si
PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 BESUKI
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa SMAN
1 Besuki
dengan dukungan pemerintah, dewan guru
dan komite sekolah telah dipercaya sebagai
Sekolah Induk pelaksana Implementasi
Kurikulum 2013. Salah satu point penting
dalam Kurikulum 2013 adalah Peminatan.
Peminatan dalam Kurikulum 2013 ini mencakup kelompok
mata pelajaran wajib,
kelompok mata pelajaran peminatan serta kelompok mata pelajaran pendalaman dan lintas
Minat untuk peserta didik SMA/MA yang
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan
terintegrasi dalam program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan, khususnya dalam jenjang pendidikan menengah. Artinya, program pelayanan bimbingan
dan konseling pada satuan pendidikan harus memuat pelayanan peminatan baik kelompok
mata pelajaran maupun lintas minat mata pelajaran. Upaya ini mengacu kepada program
pelaksanaan kurikulum tahun 2013, khususnya terkait
dengan peminatan akademik, pilihan lintas minat atau pendalaman mata pelajaran, dan peminatan studi lanjutan. Program
bimbingan dan konseling dengan peminatan sepenuhnya berada di
bawah tanggung jawab Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) atau Konselor di setiap satuan pendidikan.
Dalam konstruk dan isinya kurikulum tahun 2013
mementingkan terselenggaranya
proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang,
memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberi ruang yang cukup bagi prakarsa ,
kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan peserta didik. Proses belajar
yang
dilakukan
menggunakan pendekatan
ilmiah (scientific approach) dengan penilaian hasil
belajar berbasis proses dan produk. Untuk ini, selain memuat isi kurikulum dalam bentuk mata pelajaran dan kegiatan lainnya, Kurikulum Tahun
2013 menyajikan kelompok mata pelajaran wajib, mata pelajaran peminatan, dan mata pelajaran pilihan untuk pendidikan menengah yang diikuti peserta didik sepanjang masa
studi mereka.
Kelompok mata pelajaran peminatan meliputi peminatan akademik, lintas mata pelajaran
atau pendalaman mata pelajaran dan peminatan studi lanjutan. Untuk SMA peminatan
akademik meliputi peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, peminatan Ilmu-Ilmu Sosial dan peminatan Bahasa dan Budaya. Guru BK/Konselor membantu peserta didik dalam memenuhi Peminatan kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran untuk peserta didik sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat dan kecenderungan pilihan masing-masing peserta didik.
Peminatan memberikan kesempatan yang cukup luas bagi peserta didik untuk
menempatkan diri
pada
jalur yang lebih tepat dalam rangka penyelesaian studi secara terarah, sukses, dan jelas dalam arah
pendidikan selanjutnya. Wilayah Peminatan kelompok
mata pelajaran dan mata
pelajaran bagi
peserta didik ini,
dalam keseluruhan program pendidikan satuan pendidikan dasar
dan menengah merupakan bidang pelayanan BK yang
menjadi wilayah
manajemen BK
dan wilayah tugas pokok
Guru BK/Konselor
dalam kerangka keseluruhan program pelayanan BK pada satuan pendidikan. Pendalaman
materi mata pelajaran merupakan bidang pelayanan pembelajaran yang
menjadi wilayah
manajemen pembelajaran
dan wilayah tugas pokok Guru Mata Pelajaran dalam kerangka
keseluruhan program pembelajaran pada
satuan
pendidikan. Buku Data
Peminatan ini digunakan sebagai acuan bagi Guru BK/Konselor dalam memberikan pertimbangan kepada pihak-pihak terkait dalam menentukan kebijakan terkait implementasi
kurikulum 2013 di
tingkat satuan pendidikan. Buku Data Peminatan ini sebagai
bagian yang tidak terpisahkan dari Implementasi Kurikulum 2013.
Selamat kepada peserta didik yang telah diterima di SMAN
1 Besuki. Semoga
Buku Data Peminatan ini
dapat memberikan gambaran arah peminatan peserta sehingga guru BK/Konselor dapat memberikan rekomendasi
yang tepat dan sesuai dengan harapan peserta didik dan orang tua.
Kami yang bertanda
tangan
di bawah ini,
Nama guru BK/Konselor SMAN
1 Besuki : 1. ........................................
2. ........................................
3. ........................................
Setelah dilakukan analisis data peminatan terhadap peserta didik,
Nama Lengkap
|
JK : L/P
|
Nomor Peserta
|
|
Asal Sekolah SMP/MTs
|
|
Maka peserta
didik tersebut
direkomendasikan oleh Guru BK/Konselor masuk
Kelompok Peminatan
|
|
Mata Pelajaran
|
1. Matematika dan
Ilmu-Ilmu Alam
2. Ilmu-Ilmu Sosial
(di isi guru BK/Konselor)
|
Pendalaman Materi dan Lintas Minat )*di isi
guru BK/Konselor
|
|
Mata Pelajaran
|
1. Matematika; 2. Biologi ; 2.
Fisika; 3. Kimia
2. Geografi; 2.
Sejarah; 3. Sosiologi; 4. Ekonomi
(di isi guru
BK/Konselor)
|
Kelas
|
1. SMT 1 : X …………..…… ; SMT 2 : X .............................
2. SMT 1 : XI ………….…… ; SMT 2 : XI ............................
3. SMT 1 : XII …………….... ; SMT 2 : XII ...........................
|
Mengetahui,
Besuki, Juli 2013
Kepala
Sekolah
Guru BK/Konselor,
......................................................... ............................................................
NIP. NIP.
ANGKET PEMINATAN PESERTA DIDIK
Photo 3x4
Nama Lengkap : ………………………………………………………
No. Pendaftaran : …………………………………………..
JK : L / P
NIS : ........................................................................... (di isi
sekolah) NISN : ........................................................................... (di
isi sekolah) Asal
Sekolah SMP : ….………………………………………………………………………..
Tanggal Mengisi
: …….. - ……………………..………….. 2013
PENGANTAR
Angket ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang identitas dan minat anda
terhadap Peminatan dan Pendalaman
Mata pelajaran yang diinginkan. Informasi/data
yang anda sampaikan akan dipergunakan sebagai
bahan
pertimbangan penerimaan dan
penempatan Kelompok Mata Pelajaran Peminatan Akademik anda di
sekolah ini. Untuk
itu, isilah secara hati-hati dan benar sesuai dengan diri anda, sebab kekeliruan isian ini akan berpengaruh terhadap karir dan masa depan anda. Semoga anda jadi
orang yang berhasil di masa depan dan cita-citanya dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
A. PETUNJUK
PENGISIAN
1. Berdo’a lah sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini
2. Bacalah secara teliti
3. Jawablah semua pertanyaan secara jujur sesuai dengan diri Anda.
B. IDENTITAS PESERTA DIDIK DAN
ORANG TUA
1. Nama Siswa : ……………………………………………………………..…. JK : L / P
2. Tempat/Tgl Lahir : ………………………………………………………………………………
3. Nama Orang
tua : ………………………………………………………………………………
4. Alamat Rumah : ………………………………………………………………………………
5. Telephon/HP : Ortu : ………………………….... Siswa : ……………………………….
6. Pekerjaan Orang tua : …………………………………………………………...………………....
C. PRESTASI AKADEMIK
PESERTA DIDIK
NO
|
BIDANG STUDI
|
NILAI RAPORT
|
NILAI UN
|
|||||||
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah
|
Rata-Rata
|
||||||
Sem 1
|
Sem 2
|
Sem 1
|
Sem 2
|
Sem 1
|
Sem 2
|
|||||
A
|
KELOMPOK BAHASA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Bahasa Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Bahasa Inggris
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Rata2 Nilai
|
|
|
|
||||||
B
|
KELOMPOK SOSIAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
I P S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Rata2 Nilai
|
|
|
|
||||||
C
|
KELOMPOK ILMU ALAM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Rata2 Nilai
|
|
|
|
D. PRESTASI NON AKADEMIK
NO
|
BIDANG
|
URAIAN PRESTASI
|
TINGKAT KEJUARAAN
|
1
|
Olahraga
|
|
|
2
|
Seni
|
|
|
3
|
Kreatifitas
|
|
|
4
|
Lain-lain
|
|
|
E. PILIHAN/PEMINATAN
(Tuliskan pilihan dan beri tanda cek)
NO
|
KELOMPOK PEMINATAN
|
PILIHAN
|
ALASAN PILIHAN
|
|
I
|
II
|
|
||
1
|
Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu
Alam, terdiri dari mata pelajaran
Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia
|
|
|
|
2
|
Peminatan Ilmu-ilmu Sosial, terdiri dari
mata pelajaran Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi
|
|
|
|
F. PILIHAN MATA PELAJARAN PILIHAN DAN PENDALAMAN (Boleh memilih
mata pelajaran lintas minat)
KELOMPOK PEMINATAN
|
PILIH SALAH SATU
MATA PELAJARAN
|
ALASAN
|
|
||
Pilihan Pendalaman Minat dan/atau Lintas
Minat mata pelajaran, diantaranya :
1) Matematika, 2) Biologi, 3) Fisika, 5) Kimia,
6) Geografi, 7) Sejarah, 8) Sosiologi,
9) Ekonomi
|
|
|
G. MINAT STUDI LANJUT
NO
|
NAMA PTN/KEDINASAN
|
ALASAN PILIHAN
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
H. MINAT PEKERJAAN
NO
|
JENIS PEKERJAAN
|
ALASAN PILIHAN
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
I. HASIL PEMERIKSAAN
KESEHATAN
(Beri tanda V)
Karakter Dasar Peserta Didik
|
2. Bakat : …………………………………………
3. Minat : …………………………………………
4. Kecendrungan Diri : ………………………………
(diisi oleh guru BK)
J. PERHATIAN
ORANG TUA
Harapan orangtua
bagi
putra/puterinya
:
No
|
Unsur
|
Harapan Orangtua
|
Alasan Orangtua
|
a
|
Pilihan Peminatan
|
|
|
b
|
Studi lanjut
setelah SLTA
|
|
|
c
|
Pekerjaan dimasa y.a.d
|
|
|
K. REKOMENDASI GURU BK/KONSELOR
SMP/MTs
1. Kelanjutan Studi : …………………………………………………………………………….
2. Dunia Kerja : …………………………………………………………………………….
L. FASILITAS BELAJAR & SARANA TRANSPORTASI KE SEKOLAH
1. Keadaan Rumah : Mengontrak/ Rumah
Sendiri/ Tinggal bersama
Saudara )*coret salah
satu
Lainnya : ........................................................................................
2. Ruang Belajar
: Khusus / Menyatu dengan
kamar tidur
Lainnya : .......................................................................................
3. Berangkat ke
sekolah dengan mengunakan : ……………………………………
M. HAL-HAL LAIN
YANG INGIN DISAMPAIKAN OLEH
ORANG TUA/SISWA
Data tersebut diatas telah kami isi sesuai keadaan yang sesungguhnya dan sejujur-jujurnya guna membantu
proses yang
diperlukan. Apabila
ternyata data tersebut
diatas tidak sesuai dengan yang sebenarnya, saya bersedia dikenakan sanksi dari sekolah.
Mengetahui & menyetujui,
Orang Tua/ Wali, Peserta Didik,
Materai
6000
....................................................... ......................................................
(Tandatangan &
Nama Terang) (Tandatangan & Nama Terang)
CATATAN PERKEMBANGAN
LAINNYA TENTANG
PESERTA DIDIK
)* diisi oleh guru BK/Konselor
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................
....................................................................................................................................